24/10/18

Kamu Suka Ngupil? Ini Akibatnya jika Terlalu Sering, Berakibat Fatal jika pada Balita

bahya ngupil

Salah satu kebiasaan kita sebagai manusia adalah mengupil, pada dasarnya ngupil bukanlah hal yang membahayakan bagi kesehatan tapi lain cerita jika aktifitas ini dilakukan terlalu sering. mungkin awalnya bertujuan untuk mengeluarkan kotoran yang menumpuk dalam hidung karena debu atau kotoran. sehingga kamu ngupil dengan menggunakan jari. Tapi, tanpa disadari Kamu mungkin saja melakukannya karena sudah terbiasa dan merasa nyaman jika sering mengupil. Kebiasaan ini yang akan berbahaya bagi kesehatan Kamu.

Mengutip dari okezone, menurut penelitian European Respiratory Journal, sering mengupil dapat menyebarkan bakteri penyebab pneumonia yang berbahaya.

Para ahli mengatakan jika terlalu sering mengupil dapat merusak kesehatan. Para peneliti dari Liverpool School of Tropical Medicine melakukan penelitian yang melibatkan 40 relawan dengan kondisi sehat. Peneliti ingin melihat bagaimana orang bisa mengidap penyakit pneumonia. Relawan tersebut dibagi menjadi empat kelompok dengan menggunakan penelitian dengan melibatkan tangan dan hidung. Penelitian baru menemukan bahwa bakteri penyebab pneumonia dapat menyebar dengan cara mengupil atau menggosokan hidung.

Penelitian pertama dari Science Daily menunjukkan penularannya dapat terjadi bukan hanya melalui pernapasan, tetapi juga melalui kontak antara hidung dan tangan setelah terkena bakteri. Victoria Connor seorang peneliti utama mengatakan infeksi pneumokokus adalah penyakit penyebab utama kematian di seluruh dunia. Rata-rata dari mereka yang terkena penyakit ini adalah anak-anak atau balita sekira 1,3 juta setiap tahunnya.

Menurut National Foundation for Infectious Diseases, infeksi ini dapat menyebabkan pneumonia, sepsis dan meningitis. Hasil dari penelitian-penelitan tersebut menekan bahwa pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan baik. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah terhindar dai bakteri patogen dan berbagai penyakit lainnya.

“Jika kamu termasuk orang yang sering mengupil, jangan pernah untuk meremehkan risiko kesehatan yang mungkin kamu dapatkan karena terlalu sering mengupil,” kata Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, seorang dokter dan ahli kesehatan

Selain risiko penyakit pneumonia, dr Okeke-Igbokwe menambahkan sering mengupil dapat membuat hidung kamu mimisan dan terjadi infeksi. Dalam beberapa kasus, hal ini tersebut yang menyebabkan perforasi septum nasal atau vestibulitis hidung, yaitu kondisi berupa peradangan yang terjadi di sekitar lubang hidung bagian depan.

Semoga dengan penjelasan di atas Kamu bisa mempertimbangkan untuk tidak membiasakan membersihkan hidung atau mengupil setiap saat. Kebiasaan sering ngupil adalah kebiasaan yang buruk. Tidak hanya karena berdampak pada fungsi serta bentuk hidung saja, karena secara keseluruhan kebiasaan ini akan menimbulkan banyak kuman dan bakteri penyakit. kamu mungkin tidak sadar telah ngupil, kemudian tidak membiasakan diri untuk mencuci tangan dan menggunakan tangan tersebut untuk melakukan kegiatan lainnya. Padahal, dalam lubang hidung terdapat banyak sekali bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan kamu mengalami penyakit infeksi.

Selain karena jorok dan dapat menyebabkan penyakit infeksi, kebiasaan sering ngupil juga dianggap tidak sopan, apalagi melakukannya di depan umum. Bukan tidak mungkin kamu akan menjadi bahan omongan dan objek lelucon bagi orang-orang di sekitarmu.







from yangpenting.com https://ift.tt/2D2A6b0
via IFTTT

Terkini